Tak terasa Arcel sudah hampir mencapai usia 4 tahun, dan di tahun 2012 ini, tepatnya hari Kamis, 2 Februari 1202, Arcel mendapat adik.

Dimulai dari  proses persalinan tepatnya pada pukul 6:00 pagi, di tanggal 2 Feb (2/2/12), Adela merasakan mules dan adanya flek, tetapi karena ini proses kehamilan yang kedua, situasi nya lebih tenang, Adela masih sempat mempersiapkan makan pagi sebelum ke RS, dan membangunkan Arcel yg masih tertidur, mempersiapkan susu Arcel dll.

Kronologis waktu demi waktu berjalannya proses persalinan, setibanya kami di RS, Adela masuk ke ruang observasi dahulu utk di tes denyut jantung bayi dan lainnya, dan ternyata sudah pada bukaan 4, kira-kira itu pada pukul 10 pagi.

Langsung Adela dipindahkan ke Ruang Persalinan, tetapi disana masih menunggu sampai bukaan lengkap, dan selama menunggu, Saya mengurus kamar dan Arcel sarapan.

Kurang lebih pukul 12:00 Adela mulai merasakan frekwensi kontraksi yg lebih sering, dan berdasarkan pengalaman kelahiran pertama (baca artikel : Proses Persalinan), Adela meminta utk memakai epidural, utk mengurangi rasa sakit.  Dan dokter anastesi memberikan suntikan epidural di bagian belakang (punggung).

Setelah proses epidural tersebut, Adela menjadi lebih tenang, dan pada jam kira-kira 13:00 dilakukan pemeriksaan ternyata sudah pada bukaan  6. Berbeda dari kelahiran pertama, proses kali ini tidak terlihat kesakitan, dan Adela dapat tidur sambil menunggu bukaan lengkap.

Sampai pada akhirnya kurang lebih jam 3:15 Adela merasakan seperti akan buang air besar, dan pada saat Suster memeriksa, kondisinya adalah sudah bukaan lengkap. Dan Dokter pun dihubungi utk segera dartang.

Pada saat dokter datang, Adela dberikan pengarahan sebentar utk posisi melahirkan, dan selang beberapa menit kemudian, tanpa teriakan kesakitan, pada dorongan pertama, keluarlah bayi mungil dengan lancar, disertai tangisan yg keras.

Langsung bayi diberikan ke Adela utk dilakukan inisiasi pada bayi utk menyusui ASI, selang beberapa menit bayi sudah mendapatkan posisi ASI, dan langsung menghisap dengan lahapnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Cera Aurelia Adimartana, adik dari Arcelia telah lahir, bertambah lagi anggota keluarga kami, semoga semua akan menjadi semakin ceria, semakin ramai, semakin gembira memenuhi keluarga kami, dan dapat dirasakan oleh semua teman dan sanak saudara.

Terima kasih kepada para dokter , suster yg membantu operasi persalinan sehingga berjalan dengan lancar, juga keluarga, sanak saudara, teman dan semua rekan yg telah berkunjung utk berbagi kebahagian dan melihat bayi mungil Aurel.

Erwin, Adela & Arcelia