dsc_2760-web.jpg

Kami masih berada di RS sampai hari ke-3, baru diperbolehkan untuk pulang meninggalkan RS, dan kami kembali bersama Arcel ke rumah.

Hari ke 4-5
Di hari pertama Arcel di rumah, siang hari lebih banyak tidur sampai pada saat menyusui kami harus membangunkannya. Sampai pada malam hari hampir setiap setengah jam kami diganggu oleh tangisan bayi, dan Adela harus menyusui.

Hari-hari awal cukup melelahkan karena belum beradaptasi dengan kondisi seperti itu, juga banyak belajar bagaimana mengurus dan merawat bayi. Masih panik saat jam 3 pagi Arcel cegukan terus setelah disusui, sampai menelpon suster RS.

Setiap hari Arcel dimandikan oleh Oma-nya (mamanya Adela) dan sering ditungguin sama I’i-nya (Ina) dan Opa-nya.

Hari ke 6-7
Hari ke 6 kelahiran Arcel, kami kembali ke RS untuk kontrol kesehatan Arcel, dan diambil darahnya. Hasil tes darah menunjukkan kadar Billi Rubin Arcel cukup tingi, yaitu 13,2 dan kulitnya menjadi agak kuning, karena itu harus disinar selama 24 jam dan menginap di RS.

Kami kembali malam harinya untuk menitipkan ASI kepada suster untuk diberikan kepada Arcel, begitu pula pagi harinya kami kembali untuk menitipkan ASI kepada suster. Sampai pada siang harinya di tes kembali darah Arcel dan ternyata sudah membaik dan kadar Billi Rubin menjadi 7, dan kami diperbolehkan untuk membawa pulang Arcel ke rumah.

Sudah 1 minggu umur Arcel, dan kami masih beradaptasi dengan waktu, dimana siang hari Arcel lebih banyak tidur dan di malam hari selalu terbangun🙂

Hari ke 7 ini Arcel kembali dijemur di rumah, di halaman rumah, setiap pagi sekitar jam setengah 8 selama 15 menit dan pada hari ke-7 juga, sisa ari-arinya sudah lepas pada saat mandi.

p3191970a.jpg

Dibalik segala proses yg melelahkan, kami belajar banyak dan bahagia dengan adanya Arcel yg begitu mungil dan cantik.

We love you Arcel